Sabtu, 06 Agustus 2011

Tips Berdebat

Tidak dapat dihindari, aktivis dakwah akan selalu menghadapi debat dari orang-orang yang tidak menyetujuinya. Kadang aktivis dakwah terpancing emosi ketika didebat oleh lawannya sehingga dia justru membuat image dakwah menjadi buruk.Memang  Islam membenarkan debat jika yang dicari adalah kebenaran, dan melarang debat yang hanya ingin menjatuhkan lawan atau hanya ingin menang. Maka itu aktivis dakwah perlu mengtahui tps-tips ketika didebat agar debat itu berguna bagi kita dan bagi yang mendebat kita.


Pertama, sebelum berdebat tentukanlah tujuan dari perdebatan itu. Tentulah tujuan berdebat yang diperbolehkan adalah mencari kebenaran. Jadi jika yang ingin mendebat kita tujuannya tidak untuk mencari kebenaran, maka hindarilah debat itu, karena tidak ada gunanya. Yang terjadi justru debat kusir, dan akhirnya muncul kata “pokoknya”, “bagaimanapun”, dan kata-kata sejenis yang mencerminkan debat kusir.

Kedua, yang harus dilakukan sebelum debat adalah menyepakati topik yang akan diperdebatkan. Ini dilakukan agar nantinya ketika berdebat, pembicaraan tidak melebar ke topik-topik lain, selain itu, ini juga menghindari dari orang-orang yang mendebat hanya ingin menjatuhkan kita. Sebab mereka akan terus mendebat dengan topik apapun sehingga kita kalah.

ketiga, sepakatilah dasar kebenaran yang diakui oleh kedua belah pihak. Tidak akan selesai debat jika masing-masing mempunyai standar kebenaran yang berbeda. Misalnya si A memakai standar kebenaran Al-Qur’an dan Sunnah dan si B memakai dasar kebenaran karl marx, tentu saja debat tidak akan pernah berakhir, dan debat seperti ini sama sekali tidak ada gunanya.

Keempat, pastikanlah bahwa kita telah menguasai topik yang akan dibahas sesuia dengan standar kebenaran yang telah disepakati. Menguasai disini maksudnya mengetahui dalil-dalil yang akan kita pakai untuk menjelaskan topik itu ke lawan kita. Ingat, jangan pernah berdebat dalam topik yang tidak kita kuasai. Ini sangat berbahaya, akan timbul kesalah pahaman bahkan kesesatan yang besar dengan berdebat tanpa ilmu.
Dalam berdebat

·         Ketika berdebat hendaklah kita bersabar dan tidak menggunakan emosi
·         Janganlah memperturut hawa nafsu kita ketika berdebat (biasanya nafsu ingin menang)
·         Dengarkan ketika dia berbicara, dan jangan potong pembicaraannya
·         Jelaskan dengan pelan-pelan dan tekankan kata-kata penting yang akan menusuk hatinya

(zulfahmi) 

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More