Sabtu, 06 Agustus 2011

Marhaban Ya Ramadhan: Menyambut Lapar Dahaga Dengan Suka Cita

Ada yang berbeda didada kaum beriman menyambut bula suci ramadhan. Semua disiapkan menyambut kedatangannya, bahkan sangat dinanti-nanti, pada hari ini diseluruh dunia melakukan rukyat jika salah satu belahan bumi melihat hilal maka bergembiralah seluruh penduduk bumi karena puasa yang mereka nantikan dimulai besok.

Banyak alasan mengapa kaum muslimin menyambut bulan ini dengan hati gembira, diantaranya karena ibadah puasa yang dilakukan didalamnya merupakan ibadah yang “beda” dengan ibadah lainnya. Seperti dalam hadits Qudsi:

“Allah azza wa jalla telah berfirman: Seluruh amal manusia adalah miliknya, kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku, dan Aku yang akan memberinya balasan khusus. Puasa adalah perisai neraka. (HR Muslim)
Dalam hadits Qudsi diatas Allah memberikan reward khusus yang berbeda dengan ibadah lainnya. Bahkan disebutkan bahwa puasa adalah perisai dari neraka. Subahanllah...
Kedua, dalam bulan ini tiap perbuatan kebajikan pahalanya dilipatgandakan. Seperti dalam hadits Qudsi yang diriwayatkan Bukhari:
“Dia meninggalkan makan, minum dan syahwat karena mencari keridhaanKu. Puasa adalah milik-Ku, dan Aku yang akan membe­rinya balasan khusus. Sedang kebaikan akan mendapat pahala sepuluh kali lipat.”
Bayangkan saja, jika dibulan biasa kita melakukan shalat jamaah dengan pahala 27 kali lipat, maka di bulan suci ini pahala kita ditingkatkan sampai 270 kali lipat! Makanya mumpung di bulan ramadhan orang berbondong-bondong meningkatkan amal ibadah, tapi bukan sekedar ibadah ritual doang fren. Pahala yang gak kalah dahsyat yang kalo dilakukan bulan ramadhan ini adalah dakwah, wah berlipat-lipat pahalanya.
Ketiga, Doa waktu berbuka puasa dijamin dikabulkan, sebagaimana hadist yang diriwayatkan Ibnu Majah berikut:
“Orang yang berpuasa itu mempunyai doa yang tidak ditolak pada waktu berbuka”.
Nah makanya kalo mau buka puasa jangan langsung tancep makan doang, mumpung doanya dijamin dikabulkan doa yang banyak waktu buka puasa ya... :D
Ternyata gak Cuma itu keutamaan bulan ramadhan, masih banyak lagi. Imam Ahmad telah meriwayatkan dari Abu Hurairah Radiyallahu Anhu bahwasanya Nabi bersabda: “Ummatku telah diberi lima hal yang belum pernah diberikan kepada ummat-ummat sebelumnya ketika bulan Ramadhan: 1) Bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum dari pada minyak kesturi di sisi Allah, 2) Para Malaikat beristighfar untuk mereka hingga berbuka, 3) Allah memperindah Surga-Nya seiap hari, seraya berfirman kepadanya: “Hampir-hampir para hamba-Ku yang shalih akan mencampakkan berbagai kesukaran dan penderitaan lalu kembali kepadamu,” 4) Syaithan-syaithan durjana dibelenggu, tidak dibiarkan lepas ssepeerti pada bulan-bulan selain Ramadhan, 5) Mereka akan mendapat ampunan di akhir malam.” Ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah itu terjadi pada malam Lailautl Qadar?” Beliau menjawab, “Bukan, namun pelaku kebaikan akan disempurnakan pahalanya seusai menyelesaikan amalanya.”
Nah fren, gimana gak gembira kalo di bulan ramadhan ini pencipta kita ngasih banyak banget keutamaan. Mari kita sambut ramadhan dengan hati gembira. Marhaban ya ramadhan....
Untuk info awal puasa pengumumannya di www.hizbut-tahrir.or.id jam 3 dini hari. Siap2 makanan sahur ya, siapa tahu besok udah puasa.
(zulfahmi)

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More